Unknown
Memang menyebalkan jika saat di depan komputer atau laptop tiba-tiba restart sendiri, terkadang saat baru masuk (booting windows) si komputer/laptop sudah restart mendadak. Banyak yang perlu di perhatikan dalam mengatasi hal ini.

Berikut adalah hal mendasar masalah dan cara mengatasi komputer atau laptop yang sering restart:





Kelistrikan/Tegangan Listrik:
Dalam hal ini tegangan listrik adalah komponen penting yang harus sahabat amati. Seperti kita ketahui komputer adalah benda elektronik yang berada dalam tegangan 220 volt, maka jika tegangan listrik di rumah sahabat tidak mencapai 220 volt atau hanya sekitar 160-190 volt (tegangan naik-turun), maka komputer akan restart terus menerus. untuk mengetahuinya gunakanlah avo meter untuk mengecek tegangan listrik sahabat. Selanjutnya solusi untuk mengatasinya adalah menggunakan stabilizer/starvolt. Supply listrik yang kurang menyebabkan komputer restart/mati dan memberikan dampak kerusakan pada Hardware, Hard Disk, Motherboard dan Memory.

Power Supply:
Jika terjadi kerusakan pada power supply, listrik yang mengalir akan tidak sempurna (naik-turun/tersendat-sendat). Solusi untuk hal ini adalah gunakanlah kipas/fan yang memiliki lampu, amati ke-terang-an lampu, jika lampu berkedip-kedip segeralah ganti power supply sahabat.

Booting Windows:
Jika restart terjadi saat booting windows, maka hal ini disebabkan oleh kerusakan system start up (file corrupt atau memory yang di pakai kurang besar/rusak). Solusi jika system start up rusak maka sahabat harus instalasi ulang/menginstall ulang windows.

Low/Bad Memory:
Hal ini disebabkan saat menjalankan aplikasi yang besarnya tidak sesuai dengan Spesifikasi PC sahabat maka akan terjadi restart. Rendahnya memory atau memori yang buruk(Low/Bad Memory) adalah penyebabnya, misalkan saat sahabat bermain games yang memakan memory cukup besar dan sahabat juga membuka progam-pragam/aplikasi yang lain menyebabkan memory komputer sahabat bekerja ekstra,  perlu diketahui anti virus juga memakan source komputer yang lumayan banyak dan membuat komputer sahabat menjadi berat. Solusi untuk masalah ini tambahlah kapasitas memory sahabat.

CPU/Processor Panas:
CPU/proccesor yang terlalu panas dapat menyebabkan komputer restart, cek suhu CPU sahabat pada system BIOS, suhu yang normal berkisar antara 45°-55°. Solusi untuk mengatasinya Lepaslah CPU/Proccesor, kemudian bersihkan dan berikan Thermal Pasta/Pasta Pendingin, lihat juga kipas/fan-nya kalo perlu diganti dengan yang bagus dan berkualitas.

Progam Crash/Virus:
Banyak Progam/aplikasi yang memakan source komputer terlalu besar, saya sarankan sesuaikanlah progam yang sahabat install dengan sepsifikasi PC sahabat, Virus juga sering mengambil sumber daya komputer yang besar. Jadi saya beri solusi agar sahabat menginstall program yang sesui dengan spesifikasi PC dan Pasanglah Anti Virus.

Diatas adalah penyebab yang paling sering membuat komputer anda restart.
Jadi mana masalah yang sahabat alami ?
Label: edit post
2 Responses
  1. SHARE4RT Says:

    terima kasih sob infonya



Posting Komentar

Archive


Memuat...