Unknown
Sobat Unik, narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan (Undang-Undang No. 35 tahun 2009).
Maraknya kasus narkotika yang berasal dari tanaman Khat yang digunakan artis Raffi Ahmad membuat tanaman tersebut menjadi bahan pembicaraan dan polisi sedang mencari wilayah penanaman tanaman Khat tersebut di wilayah Indonesia. Berikut kami rangkum 5 fakta tentang tanaman Khat ini, sebagai berikut :
1. Tradisi Penduduk Yaman
Di Yaman, penduduknya memiliki tradisi untuk mengunyah tanaman Khat ini sejak ribuan tahun lalu. Penduduk laki-laki lebih mendominasi dalam penggunaan tanaman ini dibandingkan wanita. Para peneliti memperkirakan sekitar 70-80 % penduduk Yaman berusia 16 – 50 tahun mengunyah Khat ini.
Menguyah Khat di Yaman diperkirakan sebanyak 14,6 juta orang perjamnya dan setiap keluarganya dapat menghabiskan 17 % pendapatannya untuk membeli tanaman Khat ini.
(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)
Tradisi Penduduk Yaman(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

2. Teh Arab
Tanaman Khat yang memiliki bahasa latin Catha edulis ini biasa disebut sebagai teh arab. Tanaman ini banyak tumbuh di daerah Afrika dan Peninsula. Orang timur tengah biasa menggunakan pucuk daunnya untuk dijadikan teh, bahkan di daerah Ethiopia dan Somalia; penduduk tersebut sering mengunyah tanaman tersebut.
(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)
Teh Arab(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

3. Narkotika Golongan 1
Di Indonesia, tanaman Khat ini memiliki bahan dasar cathinone yang termasuk dalam narkotika golongan 1. Zat cathinone ini dapat diekstrak menjadi methylone yang merupakan jenis narkotika berbahaya.
Di Inggris, cathinone ini dilarang diperjualbelikan karena termasuk narkotika golongan B. Di Amerika sejak bulan November 2011, cathinone ini termasuk narkotika kelas C.
(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)
Narkotika Golongan 1(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

4. Vitalitas
Khat ini banyak digunakan oleh orang keturunan Arab untuk menambah vitalitas. Daunnya dimakan atau diperas yang kemudian airnya diminum. Namun menurut BNN, efek buruknya pada tubuh akan lebih parah dikarenakan jantung akan terpacu terus sehingga si pemakai tidak bisa tidur dan segar terus, dan kemudian gigi bisa rapuh bahkan hancur. Selain itu, efek dari tanaman tersebut bisa menyebabkan hilangnya nafsu makan dan halusinasi (euphoria).
(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)
Vitalitas(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

5. Cisarua, Bogor
Di Cisarua, Bogor ternyata banyak warga yang menanam tanaman Khat ini dikarenakan untungnya yang besar, namun warga tersebut hanya mengetahui bahwa tanaman tersebut yaitu merupakan bahan untuk pembuatan teh arab.
Warga menjual tanaman tersebut dengan harga yang bervariasi, mulai dari satu kresek kecil yang dihargai Rp.200.000 hingga satu kresek besar yang seharga Rp.1,2 juta. Bahkan warga juga menjual bibit teh tersebut dengan harga Rp.500.000.
(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)
Cisarua, Bogor(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

Sumber : uniknya.com
Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar

Archive


Memuat...